Thursday, June 19, 2008

Perilaku efisien efektif



CUSTOMER SATISFACTION

Selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, semua orang adalah pelanggan yang harus dipuaskan

Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan merupakan topik yang semakin hari semakin mendapat perhatian para pelaku bisnis, dan
semakin dirasakan penting. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan pelanggan terhadap kepuasaan dari sejumlah uang
yang dikeluarkan. Dengan semakin meningkatnya pendidikan, pendapatan, gaya hidup dari pelanggan, di pihak lain para pesaing bisnis
juga semakin banyak, maka para pelaku bisnis tidak mau harus mulai atau meningkatkan kepuasaan pelanggan.

Perusahaan-perusaha an yang tidak memperhatikan atau bahkan tidak mengetahui perubahan yang terjadi dalam pasar, disadari atau
tidak, suatu saat akan menghadapi kenyataan yang tidak diinginkan. Para pelanggan tidak mau berhubungan lagi, dan tentu saja
perusahaan itu akan mengalami kemunduran atau bahkan kebangkrutan.

Customer satisfaction, bahkan sering merupakan salah satu dari filosofi perusahaan, dimana perusahaan tersebut menganggap bahwa
customer satisfaction merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan (key success factor) yang sangat mempengaruhi jatuh bangunnya
suatu perusahaan. Misalnya perusahaan penerbangan “Singapore Airlines”, merupakan salah satu contoh perusahaan yang telah mampu
menerapkan customer satisfaction dengan konsisiten. Memang bagi perusahaan jasa, khususnya yang melayani para pelanggan “tingkat
tinggi”, customer satisfaction merupakan faktor kunci keberhasilan yang esensial, yang tidak ditawar-tawar lagi.

Customer satisfaction memiliki dua pengertian fundamental yang harus dimengerti oleh para pelaku bisnis yang akan menerapkan atau
meningkatkan kepuasan pelanggan. Yaitu pengertian mengenai Pelanggan atau Kualitas.
Pelanggan

Dalam konsep lama, pelanggan adalah pembeli yang berada di luar perusahaan. Yaitu orang yang membeli produk atau jasa yang kita jual
, baik di toko, pasar, show room, atau dimana saja tempat kita melaksanakan penjualan.

Dalam konsep modern, proses berikutnya adalah pelanggan. Yang dimaksud disini adalah mencakup pelanggan yang berada di dalam
lingkungan perusahaan. Misalnya bagian keuangan memberikan laporan pihutang kepada bagian pemasaran, atau bagian analisis kredit
memberikan analisisnya kepada bagian keuangan, dan seterusnya. Konsep ini memberi arti bahwa ada pelanggan internal perusahaan, ada
juga pelanggan eksternal perusahaan.

Jadi pelanggan adalah orang yang menerima, memproses, memakai, ataupun menggunakan produk kita. Bahkan Geiken, consultant dari
Control Data Corporation – USA, mengatakan bahwa “Everybody Is Everybody’s Customer”. Yang dimaksud adalah setiap orang yang kita
ajak bicara , yang kita ajak bercanda, atau siapa saja yang kita temui adalah pelanggan kita.

Supaya setiap pelanggan puas, maka kualitas yang kita hasilkan harus dikendalikan pada setiap tahap proses di dalam pelanggan internal,
sehingga hasil akhir dari suatu produk atau jasa kita yang kita jual pada pelanggan external akan berkualitas tinggi.. Setiap bagian atau
setiap orang yang memberikan hasil pekerjaannya kepada proses berikutnya, harus menjain bahwa produk yang diberikan adalah yang
terbaik.


Perilaku Sang Kucing

Tidak menyangka dirinya akan diusir oleh tuannya, yang sudah bertahun tahun disayang oleh dan dipenuhi oleh makanan . Dan yang membuat kucing
tersebut senang adalah tidak perlu bersusah payah untuk mencari makanan & mainan , bulu disikat setiap hari, obat - obatan jika kucing tersebut sakit.
" Tapi mengapa Aku di usir.... ? dan apa salahku ? " kenang si kucing.

Dan di sisi lainnya...
Sang tuan berpikir dan kesal sambil bergumam " Kucing tidak tau diri... !" bertahun - tahun Aku menghidupinya..Tapi apa balasannya padaku !! "
" Rumahku penuh dengan tikus..seperti gudang layaknya & pakaian ku pun rusak digigit oleh tikus sialan itu ..!! " Masih untung tidak kupukul kucing itu !!"
Dengan emosi yang ditahan akhirnya tuan tersebut kembali ke dalam rumahnya....

Di mulailah petualangan sejati si Kucing tersebut..............
Di tengah perjalanan kucing tersebut bertemu dengan seekor burung yang bertengger di dahan daun sambil berkicau.

"oh burung..andai Aku jadi engkau, senangnya hatiku "
"Berkicau tiada henti, berkelana tiada batas..dan bebas berpijak kemana engkau pergi..?"

Sang burung tersenyum...
"Kucing..engkau boleh berdampingan denganku..Ayo mari panjat pohon ini..kita lantunkan suara di hari yang cerah ini bersamaku..."
Tidak beberapa lama kucing tersebut memanjat pohon dan sampailah di dahan dekat burung tersebut bertengger....
Sang kucing mengeong & burung berkicau, sehingga tidak terasa kucing tersebut terpeleset dan jatuh ke atas tanah...." Buuk "
Badan terasa lebam dan sakit, kucing tersebut patah kaki disebelah kirinya.....
"Oh kucing..maaf aku lupa memperingatkanmu, kalo dahan ini ada bagian yang rapuh..." ujar sang burung

"Tidak apa-apa burung, emang sudah nasibku sial seperti ini..Dan sepertinya Aku tidak dapat menjadi dirimu..sampai jumpa ?" sang kucing berjalan sambil
menahan kaki sebelah kirinya yang patah .

Dan perjalanan tersebut berlanjut sambil menyongsong matahari terbenam..
"Aku harus tidur dimana ?dan perutku lapa ?"....
"Ya Allah mengapa Kau ciptakan diriku menjadi hancur begini ? Aku harus makan dimana ?dan Aku harus tidur dimana ? Engkau sungguh tidak adil bagiku
?" Sang kucing mulai menitikkan airmata kesedihan dalam dirinya.........
"Eh cengeng...Mau makan cari sendiri ! " Gonggong sang anjing.

Sang kucing terkejut, dan berbicara dalam hatinya "Besar sekali anjing ini, dan Apakah Aku akan selamat dari amukannya ?Lebih baik Aku lari
secepatnya.......... "
Kucing tersebut pun lari tergopoh-gopoh dan masuk ke dalam sebuah lorong.
"Hei..kucing jelek mau lari kemana kau !"
Dan akhirnya anjingitu tidak dapat mengejar sang kucing yang telah amsuk dalam lorong sempit tersebut.
Tidak terasa kucing tersebut telah berhasil meloloskan diri dari kejaran sang anjing.
"wah, ini kan halaman rumah tuanku ?" tapi aku melihat seseorang yang masuk dalam rumah tuanku........?"
"Mau apa orang itu. sepertinya dia mau mencuri." dan kucing tersebut melaju pesat menghadapi pencuri tersebut.
saura yang ditimbulkan akibat pertarungan kucing dan pencuri tersebut membuat pemilik rumah dan tetangga sekitar terbangun dari tidurnya...

"Wah gawat ..kucing ini membuat aku kesal" ujar si pencuri
seketika itu juga kucing tersebut dibunuh oleh si pencuri, dan akhirnya lari meninggalkan bangkai kucing tersebut...........

Nasi telah menjadi bubur.....kucing tersebut mati dalam keadaan isi perut terburai.Dan Sang majikan sempat melihat kucing kesayangannya yang telah diusir
tersebut ditusuk oleh si pencuri .
Hanya ratap tangis dan penyesalan yang tiada guna..dan tidak akan kembali nyawa kucing tersebut.

Filosofi cerita :

Kita hidup atas dasar saling pengertian, jika salah satu dari karyawan/teman/keluarga kita berbuat salah cobalah pahami perasaan dan latar belakang
kesalahannya, ambil keputusan dengan seksama, jadilah diri kita sendiri dan melihat bersikap positif,saling menghargai, dan dan waktu 1 detik yang hilang
tidak akan dapat digantikan dengan waktu 24 jam sekali pun untuk meratapi kesalahan....apa yang telah kita lakukan akan berdampak contoh bagi mereka.



Attitude

The longer I live, the more I realize the impact of attitude on life. Attitude, to me, is more important
than facts. It is more important than the past, than education, than money, then circumstances, than
failures, than successes, than what other people think, say, or do. It is more important than appearance,
giftedness, or skill. It will make or break a company, a church, a home. The remarkable thing is we have
a choice every day regarding the attitude we will embrace for that day.

We cannot change our past. We cannot change the fact that people will act in a certain way. We cannot
change the inevitable. The only thing we can do is play on the one string we have, and that is our attitude.
I am convinced that life is 10% what happens to me and 90% how I react to it. And so it is with you. We are
in charge of our attitudes.


Jim Rohn Quotes:

"It doesn't matter which side of the fence you get off on sometimes. What matters most is getting off.
You cannot make progress without making decisions."

"Give whatever you are doing and whoever you are with the gift of your attention."

"Formal education will make you a living; self-education will make you a fortune."

"To solve any problem, here are three questions to ask yourself: First, what could I do? Second,
what could I read? And third, who could I ask?"

"The major reason for setting a goal is for what it makes of you to accomplish it. What it makes of you will always
be the far greater value than what you get."

"The book you don't read cant help."

"Success is not to be pursued; it is to be attracted by the person you become."

Prediksi Steve McMahon
Saya Pilih Italia

Mari mencoba kemampuan menebak hasil duel partai-partai menentukan Selasa dan Rabu ini. Tentu saja banyak orang akan fokus ke Grup C ketika Italia dan Prancis berjibaku sementara Belanda punya peran besar mencari wakilnya ke perempatfinal.

Saya tetap menjagokan Belanda menang atas Rumania walau mereka sudah pasti lolos. Skor yang tercipta bisa lebih dari satu gol.

Di partai lain, Italia saya anggap dapat mengatasi Prancis walau pertarungan bisa seimbang. Bila saya benar, Belanda akan menggandeng Italia keluar dari Grup C.

Lalu di Grup D. Siapa yang akan menemani Spanyol? Tim Matador masih bisa memberi pendukungnya kemenangan atas Yunani, bahkan dengan keunggulan yang cukup besar. Tapi, pemenang duel Rusia versus Swedia sulit ditebak. Keduanya bisa seimbang, jadi saya memilih seri.

Inilah prediksi saya.

DUEL GRUP C DAN D
---------------------------------------
Selasa, 17 Juni
Prancis vs Italia 1-2
Belanda vs Rumania 2-0
Rabu, 18 Juni
Yunani vs Spanyol 0-2
Rusia vs Swedia 1-1





Zurich
Kualitas Hidup Terbaik

Zurich mempunyai predikat yang bisa membuat warga kota lain iri. Tidak tanggung-tanggung, kota terbesar di Swiss ini dinobatkan sebagai kota dengan kualitas hidup paling tinggi selama tujuh tahun berturut-turut!

Zurich, surga bagi pebisnis Eropa dan dunia. (Foto: Google)

Begitulah penilaian konsultan sumber daya manusia terkenal, William M. Mercer. Mercer Group menganalisis 215 kota dunia dan menilainya berdasarkan 39 kriteria. Zurich menempatkan diri di puncak daftar sejak 2001 dengan mencatat nilai tinggi di bidang keamanan, kebersihan, dan perawatan kesehatan.

Institut Teknologi Swiss, yang mencetak setidaknya 21 pemenang Nobel, terletak di kota ini. Albert Einstein, sang fisikiawan terkemuka, meraih gelar Doktor Bidang Fisika dari Universitas Zurich pada usia 26 tahun. Tidak membingungkan apabila Zurich masuk ke dalam daftar salah satu kota dengan tingkat pendidikan terbaik.

Sentra Bisnis Eropa

Kota yang terbagi atas 12 distrik ini merupakan markas berbagai perusahaan multinasional. UBS dan Credit Suisse adalah sebagian dari mereka yang menyebut Zurich sebagai rumah. Swiss Stock Exchange (SWX) dan bahkan FIFA bermarkas di kota yang berpopulasi 376.815 jiwa itu.

Ditambah dengan berbagai kebijakan ekonomi dan perpajakan yang merangsang pertumbuhan finansial, Zurich adalah surga bisnis Eropa dan sentra perbankan dunia.

Zurich dihiasi arsitektur perlambang masa lampau yang sarat nilai historis. Penduduk daerah itu terkenal sangat terbuka dan ramah. Sebanyak 30,6 % populasi adalah pendatang yang tidak mempunyai paspor Swiss. Mayoritas dari mereka merupakan orang Jerman.

Prancis, Italia, Belanda, dan Rumania mengadu kekuatan di Stadion Letzigrund di jantung kota ini. Banyak yang mengatakan bahwa Grup C adalah neraka. Sekalipun begitu, keindahan Zurich membuktikan bahwa permainan grup neraka pun dapat diselenggarakan di kota yang seperti surga.

Elok Tanpa Batas

Mereka yang berkunjung ke Zurich pada Juni-Juli ini akan disuguhi suasana alam elok. Bukan saja karena suhu udara musim panas yang sejuk di kisaran 20 derajat celcius. Ketiadaan kabut juga membuat keindahan alam sekitar sungguh terasa.

Dibatasi puncak-puncak gunung bersalju di satu sisi dan danau indah di sisi lain, Zurich jadi tujuan wisata alam yang terkenal. Tidak hanya itu, di sekeliling kota terhampar kehijauan pepohonan yang menghiasi perbukitan Uetliberg.

Daya tarik utama bagi Zurich tidak lain adalah Danau Zurich. Danau tersebut merupakan ujung aliran sungai Linth, yang mendapat pasokan air dari gletser atau lapisan es di Pegunungan Alpen bagian tengah.

Kota Zurich berbatasan dengan batas utara danau tersebut. Wisatawan kerap menikmati pemandangan atau mencoba berbagai permainan air di sana.

Di sekitar danau terdapat sebuah kota bernama Rapperswil-Jona. Di kota tersebut terdapat banyak perkebunan mawar yang sangat indah sehingga kota tersebut dinamakan Kota Mawar.


No comments: