Wednesday, June 13, 2007

TENTANG PUBLIC SPEAKING


Public speaking merupakan rangkaian teknik yang dilatih, dipraktikkan dan dimanfaatkan untuk berbicara di depan umum. Contohnya termasuk ceramah dan pidato, tetapi secara luas public speaking mencakup semua aktivitas berbicara di depan orang lain-termasuk rapat, membawakan acara (MC), presentasi, diskusi, briefing atau bahkan mengajar. Dalam public speaking, berbicara merupakan suaru strategi, setiap unsurnya direncanakan dengan baik dan bukan merupakan bakat atau kebetulan belaka.

KAPAN PUBLIC SPEAKING DIBUTUHKAN?

Seseorang atau sebuah organisasi akan membutuhkan public speaking antara lain:

1. Presentasi produk, sistem atau jasa]
2. Persuasi penjualan
3. Layanan pelanggan
4. Roadshow korporat (investasi, listing/delisting, M&A)
5. Telemarketing/telecanvassing
6. Wawancara (interviewer maupun interviewee)
7. Peluncuran produk/outlet baru
8. Jumpa pers (olahraga, budaya, bisnis)
9. Pelatihan/pengajaran/coaching
10. Meeting atau rapat kerja
11. Kampanye atau penyuluhan
12. Pembukaan cabang baru dan masih banyak lagi

APAKAH BIDANG USAHA SAYA PERLU PUBLIC SPEAKING?

Public Speaking diperlukan dalam segala bidang. Industri yang dapat meraih manfaat sebesar-besarnya dari public speaking meliputi (namun tidak terbatas pada):

1. Bank dan pembiayaan
2. Asuransi (jiwa dan kerugian)
3. Entertainment
4. Public Service
5. Properti
6. Konsultan dan Riset
7. Farmasi
8. Minyak, Gas dan Pertambangan
9. Otomotif
10. Butik Galery dan premium specialty
11. Maskapai penerbangan
12. Televisi, media cetak dan penerbitan
13. Hotel pariwisata dan perjalanan
14. Investasi
15. Telekomunikasi
16. Pendidikan
17. Ritel
18. Consumers goods
19. Restoran, jasa boga dan bisnis kuliner
20. Serta masih banyak lagi

No comments: