Tuesday, May 13, 2008

Rahasia terbesar di dunia ini




Banyak orang dalam hidup ini ingin sekali mengetahui rahasia yang bisa membuat orang menjadi sukses, entah itu sukses didalam keuangan, sukses dalam hubungan, sukses dalam physical health, sukses dalam karir. Tapi bahkan mereka tidak tahu harus bertanya kepada siapa, belajar kepada siapa. Dan akhirnya mereka hanya menghidupi kehidupan yang biasa-biasa saja karena tidak mengetahui rahasia dari orang-orang sukses tersebut.
Sebenarnya Rahasia alam yang terbesar ini timbul dari pemahaman. Semua di dunia ini adalah bentuk lain dari energy, dan energy berpindah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Pikiran adalah sebuah bentuk energy juga, yang akan berubah menjadi apapun yang kita inginkan. Jadi inti dari semua rahasia tersebut adalah pikiran kita.
Seperti ditemukan batu yang berukir, batu emerald 3000SM seperti diatas begitu juga dibawah, seperti diluar begitu juga didalam. Bahkan dalam kitab agama Buddha pun tertulis “jadi apapun kita sekarang adalah hasil dari pikiran kita”
Rahasia dari rahasia dari segala pencapaian didalam dunia ini adalah awalnya dari pikiran, pikiran kita sungguh sangat begitu dahsyatnya. Tapi hati-hati pikiran ini juga bisa sebagai pedang bermata dua, karena saat Anda memikirkan pikiran yang negative, maka Anda juga sedang menarik hal negative tersebut kedalam kehidupan Anda.
Kita tidak hanya menjadi apa yang kita pikirkan, tapi kita juga meraih apapun yang kita inginkan. Tapi hal ini harus dilakukan secara dominan, dan tidak bisa sembarangan. Begitu banyak orang yang sudah mengetahui rahasia ini, tapi hanya sedikit dari mereka yang bisa mencapai apa yang mereka inginkan dengan menggunakan rahasia ini.
Kunci dari rahasia ini adalah Anda selain memiliki pengetahuan akan Rahasia ini, Anda juga harus ada yang memberitahukan bagaimana caranya menggunakan rahasia ini dengan tepat, dan orang tersebut haruslah orang yang tepat dan sudah pernah melakukan rahasia ini, karena kunci dari semua kesuksesan adalah belajar dari orang yang terbaik / sudah berhasil
Demikian artikel dari saya,

««« Anak vs Orang Tua, Siapa yang Salah? »»»

Membentuk keluarga ideal, membangun jembatan komunikasi antara orang tua dan anak

Anda pasti tahu bahwa banyak sekali problematika yang terjadi di antara hubungan antara orang tua dan anak. Dari permasalahan seputar kemalasan sekolah, susah konsentrasi, sampai pada penggunaan obat-obatan terlarang. Anda tahu bahwa terkadang hanya diperlukan cara yang sederhana untuk mengatasi permasalahan ini?

Kita tahu bahwa permasalahan seputar orang tua dan anak terkadang membingungkan, siapa yang salah? Pertanyaan seperti inilah yang seringkali justru membuat masalahnya semakin besar dan sulit untuk dipecahkan. Mengapa? Karena terkadang kita justru terfokus pada siapa yang salah, dibandingkan mencoba untuk mencari apa yang perlu diubah, dan siapa yang perlu melakukannya.

Sebenarnya kita semua memiliki potensi yang luar biasa besarnya, tetapi lingkungan lah yang memberikan peranan besar dalam membentuk karakter dan citra diri kita ketika kita beranjak dewasa. Seorang anak merupakan hasil dari program yang ditanamkan oleh orang tuanya. Perbuatan yang dilakukan oleh anak tersebut ketika ia masih kecil maupun ketika ia beranjak dewasa, merupakan hasil dari program yang diberikan oleh orang tuanya, baik secara sadar maupun tak sadar. Terlihat dengan jelas bahwa apapun yang dilakukan oleh orang tua akan berpengaruh langsung, baik yang disampaikan secara langsung (verbal) maupun tidak langsung (non-verbal) .

Contoh dari sering terjadinya kesimpangsiuran program yang diterima oleh seorang anak adalah seperti kasus berikut. Sebut saja Lisa (6 tahun), saat ini dalam kondisi gundah. Seringkali kedua orang tuanya mengajarkan untuk tidak berbohong, bahwa berbohong itu merupakan hal yang tidak baik dengan berbagai macam dalih, dari agama sampai kepantasan. Tetapi yang terjadi saat ini, kedua orang tuanya pula lah yang juga terkadang menunjukkan perilaku yang sangat bertolak belakang dengan apa yang mereka sendiri sampaikan. Pernah suatu ketika, saat Lisa menerima sebuah telepon dari rekan kerja ayahnya, dan ia bergegas menyampaikannya pada ayahnya. Ayahnya berkata, "Kamu bilang aja, Ayah sedang nggak ada di rumah ya sayang, bilang aja gitu…" Beberapa hal sejenis yang bertentangan terjadi semakin membuatnya bingung mengenai nilai-nilai yang akan dan harus dianutnya. Hal ini berproses di dalam pikiran Lisa, dan terkadang memberikan hasil yang sama sekali baru, seperti "Kalau gitu, aku belum boleh berbohong sekarang, tetapi kalau sudah gede, aku boleh bohong…" pikir Lisa. Kapan Lisa akan mulai berbohong? Ketika dalam pikirannya sudah ada asumsi bahwa saat itu dia sudah beranjak dewasa.

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anak sepenuhnya adalah produk dari diri mereka sendiri dan seringkali menimpakan sepenuhnya kesalahan pada si anak. Ada anak yang terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif maupun obat-obatan terlarang, saat ini makin merasa tidak berharga karena seringkali orang tua kelewat protektif atau bahkan menyalahkan si anak secara berlebihan. Sehingga di dalam pikiran anak tersebut, hanya ada satu hal yang mampu membuatnya merasa nyaman, yaitu pergaulan atau obat-obatan tersebut.

Terlihat jelas di sini bahwa rasa sayang yang berlebihan mampu membuat si anak justru berada dalam posisi yang berlawanan. Tentu saja tidak ada orang tua yang bermaksud untuk mencelakakan anaknya, tetapi di lain pihak, seorang anak memiliki cara berpikir yang mungkin sangat berbeda. Perbedaan pola pikir inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi yang efektif antara orang tua dengan anaknya merupakan hal yang sangat penting. Komunikasi akan menghasilkan hubungan yang harmonis, tetapi juga mampu menghasilkan sebuah jurang yang sangat dalam, dan yang terpenting adalah, itu semua merupakan pilihan kita sendiri.

Karena komunikasi merupakan kunci dari keharmonisan hubungan antara orang tua dan anak, terlebih lagi, merupakan hal yang terpenting dari jadi atau tidaknya ia seseorang di masyarakat, maka banyak aspek mengenai komunikasi yang seharusnya dipelajari dengan lebih mendalam. Ada banyak hal mengenai komunikasi yang menarik untuk dipelajari, baik komunikasi yang bersifat verbal maupun non verbal. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk meraih apa tujuan yang diharapkan. Metode komunikasi efektif, baik verbal maupun non verbal, secara sederhana dapat dipelajari dengan waktu yang relatif singkat. Komunikasi efektif yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, seperti parenting (hubungan orang tua dengan anak), marketing, sampai pada Hypnosis (Western Hypnosis).

Jadi, apakah Anda termasuk orang tua yang ingin meningkatkan kualitas hubungan dengan anak Anda? Atau merasa bahwa ada suatu masalah dalam kehidupan anak Anda saat ini?

KIRDI PUTRA, CHT, MCHI, NLP

(Senior Instructor & Coach HTII)
Business, Motivational, & Hypnotherapy



2 Renungan Mengenai INTEGRITAS
Oleh: Hingdranata Nikolay
"If you tell the truth you don't have to remember anything." - Mark Twain
"In looking for people to hire, you look for three qualities: integrity, intelligence, and energy. And if they don't have the first, the other two will kill you." - Warren Buffet.
Ada sebuah tugas tambahan bagi seseorang yang berbohong atau mengatakan sesuatu yang tidak ia lakukan atau tidak mengatakan sesuatu yang ia lakukan, yakni: mengingat secara detil kembali yang ia katakan atau tidak katakan tersebut dan mengatakan lagi kebohongan lain untuk mendukung kebohongan awal. Dan sepertihalnya proses menyimpan sebuah perasaan negatif atau sekumpulan emosi negatif di dalam diri, kebohongan memerlukan investasi energi dan penggunaan intelejensia yang sangat besar. What a waste, sementara kita bisa mengalihkan keduanya di tempat atau konteks yang sebenarnya lebih bermanfaat dan jauh lebih mudah.
Karena itu pula, dengan mengatakan sesuai dengan kebenaran yang kita lihat, dengar dan rasakan, kita malah tidak harus mengingat apapun. Energi dan setiap sel kepandaian kita pun terbebaskan untuk hal lain yang lebih bermanfaat dan hidup lebih ringan.
Ungkapan kedua mengingatkan saya pada situasi seputar manusia dalam sebuah organisasi atau sebuah tatanan berukuran apapun. Kita mengenal manusia yang tidak mempedulikan INTEGRITAS, dan menghabiskan energi dan segala kepandaiannya untuk mengais keuntungan sendiri dan tidak peduli orang lain, termasuk pemilik organisasi. Sebagai yang empunya organisasi, kedua hal terakhir, yang tanpa dilengkapi dengan INTEGRITAS, memang punya potensi destruktif terhadap organisasinya. INTEGRITAS-lah yang membawa unsur dapat dipercaya dan dapat diandalkan, baik dari sisi pikiran, omongan maupun perilaku. Tanpa kepercayaan seperti ini, kita menghabiskan waktu, energi, kepandaian, dan emosi yang sangat banyak untuk mengawasi perilaku seseorang. Bukankah ada PILIHAN lebih baik, yakni menghabiskan sumber daya serupa untuk mengembangkan kompetensi dan memacu energi seseorang?
Tentu saja, tidak satupun alat yang secara akurat dapat mengukur INTEGRITAS. Selain dalam proses rekrutmen kita menggunakan berbagai sumber daya yang kita miliki untuk mengukur dengan pendekatan tertentu, kita juga bisa mengamati perilaku sehari-hari bersama atasan langsung, untuk mengambil sebuah GENERALISASI bilamana perlu.
PILIHAN hari ini: bangun dan jaga INTEGRITAS, serta perhatikan INTEGRITAS dalam MEMILIH seseorang menjadi elemen organisasi, dan dengan begitu ada PILIHAN untuk mengalokasikan sumber daya energi dan kepandaian kita untuk manfaat yang lebih besar dan EKOLOGIS!

RINGKASAN

* Presiden Fed of Chicago, Charles Evans, mengindikasikan bahwa Fed masih mungkin untuk menurunkan suku bunga lebih lanjut.
* Penjualan ritel AS untuk bulan April kemungkinan kembali terpukul akibat rendahnya penjualan otomotif dan tingginya harga bahan bakar.
* MBIA Inc kembali merugi $2.4 M seiring kejatuhan hipotek yang semakin dalam.
* Gempa dahsyat, berkekuatan 7.5–7.8 skala richter, menggoncang China dan diperkirakan 5,000 orang meninggal dunia
* Harga minyak mendekati rekor diatas $126/barrel seiring terjadinya kekerasan di Timur Tengah; Emas jatuh seiring pulihnya dolar.


Gubernur Fed-Evans Mengindikasikan Bahwa Fed Akan Memotong Suku Bunga Lagi
Presiden Fed of Chicago, Charles Evans, mengungkapkan bahwa suku bunga AS "akomodatif" dan pada level yang sesuai dengan lemahnya prospek pertumbuhan ekonomi, tapi kemudian mengindikasikan bahwa Fed masih mungkin untuk menurunkan suku bunga lebih lanjut. Tapi, ketika ditanya kapan Fed akan mulai menaikkan suku bunga, dia berkata "Resiko penurunan pertumbuhan ekonomi masih berlanjut...kami masih berkutat dengan masalah ini." Komentarnya ini membalikkan penguatan dolar, yang kemudian mendorong harga minyak kembali ke level $126/barrel. Evans juga mengungkapkan bahwa pengeluaran konsumen, tulang punggung ekonomi AS, menglami tekanan yang berat. Langkah Fed untuk menurunkan suku bunga hingga ke level yang "menyeimbangkan resiko antara pertumbuhan ekonomi dan inflasi – yang saya pandang dapat menurunkan pertumbuhan dan meningkatkan inflasi," ungkapnya.

Data Inflasi dan Perumahan AS Menjadikan Minggu yang Padat Akan Data Ekonomi
Minggu ini padat dengan data ekonomi dan pidato Gubernur Fed Ben Bernanke serta gubernur dan presiden Fed lainnya. Di hari Selasa penjualan ritel untuk bulan April kemungkinan kembali terpukul akibat rendahnya penjualan otomotif tapi masih didukung oleh tingginya harga bahan bakar. Ekonom dari Lehman Brothers percaya beberapa perusahaan mengalami kenaikan cadangan bahan jadi yang tidak diinginkan di Q1 seiring pertumbuhan yang melambat di luar perkiraan. Sementara hari Rabu, Indeks harga konsumen AS, yang mengukur inflasi, diperkirakan akan naik 0.3% di bulan April. Ekonom mengatakan CPI akan berlanjut naik dengan harga pangan dan energi yang semakin tinggi. “Harga barang utama seharusnya masih stabil karena pelemahan sektor perumahan dan otomotif, sementara harga jasa utama seharusnya dapat naik secara moderate, terutama di sektor penyewaan dan kesehatan,” menurut ekonom dari Credit Suisse. Data penting di hari Kamis adalah data klaim pengangguran yang diperkirakan akan merefleksikan pasar tenaga kerja yang lemah, dengan produksi industri yang diekspektasikan jatuh di bulan April seiring gangguan tenaga kerja industri otomotif memotori kejatuhan output pabrik. Sementara hasil survey Philadelphia Fed atas kondisi manufaktur akan membaik seiring bunga pinjaman yang semakin rendah serta langkah legislatif untuk menghentikan penyitaan rumah.

MBIA Kembali Merugi $2.4 M Terkait Hipotek, Kerugian Semakin Dalam
MBIA Inc, penjamin obligasi yang telah kehilangan 87% nilai pasarnya setahun ini, kembali merugi $2.4 M seiring kejatuhan hipotek yang semakin dalam. Kerugian Q1 $13.03/saham, dibanding keuntungan $198.6 juta, atau $1.46/saham, di tahun sebelumnya, dikatakan oleh Armonk, wakil MBIA berbasis New York kemarin. Unrealized losses pada pasar derivative sendiri sebesar $3.58 bln. Kerugian ini merupakan yang ketiga kali berturut-turut dan semakin mengecil 3 bulan setelah penjamin obligasi tersebut berhasil mempertahankan peringkat kredit tertingginya.

Gempa Dahsyat Menggoncang China
Gempa dahsyat menggoncang barat daya China di hari Senin, diperkirakan 5,000 orang meninggal dunia. Gempa yang muncul pada pukul 2:28 p.m. waktu lokal di China berpusat sekitar 150 km dari barat daya Chengdu, ibukota Sichuan yang memiliki beberapa juta penduduk, salah satu propinsi China yang berpopulasi terbesar. Gempa ini sampai pada kota terdekat hingga Bangkok dan memicu evakuasi pada gedung perkantoran di Beijing dan di luar China sendiri. Sementara 10,000 orang luka-luka. Media Xinhua mengatakan hampir 900 pelajar terkubur ketika sekolah tinggi runtuh di kota Dujiangyan di Sichuan. Magnitude gempa ini bervariasi antara 7.5 – 7.8 skala richter. Presiden Hu Jintao pun mengupayakan bantuan penyelamatan.

Ringkasan Komoditi
Harga minyak semakin mendekati rekor diatas level $126/barrel di hari Senin sejalan terjadinya kekerasan di Timur Tengah mendominasi kekhawatiran gangguan supplai di kawasan produsen minyak terbesar di dunia tersebut. Minyak sendiri telah melonjak hampir 14% sejak jatuh hingga $110.53 per barrel tanggal 1 Mei, seiring investor mengantisipasi gangguan supply di kawasan North Sea dan Nigeria, maupun ketatnya permintaan untuk bahan bakar diesel dan pemanas. “Realitanya adalah, fundamental menunjukkan kenaikan supplai minyak semakin berkurang dan semakin menipis, namun permintaan masih tumbuh pesat.” Sementara emas jatuh di hari Senin, seiring pulihnya dollar. Emas sendiri memiliki korelasi kebalikan dengan dollar sebagai alternatif bagi investor. “Momentum emas sementara ini tidak terlalu terlihat kuat untuk mencoba level $900,” kata Naomi Suzuki, analis senior pada Sumitomo Corp. “Tidak seperti di triwulan pertama ketika pelemahan dollar sangat mendominasi pasar, kini tidak ada signal yang clear untuk diperdagangkan sementara ini,” tambahnya.

Anggaran Belanja AS Surplus $159.3 M di Bulan April
Anggaran belanja AS surplus sebesar $159.3 M di bulan April, dibantu tenggat waktu pengisian formulir pajak individu untuk tahun 2007, tapi lebih rendah dari surplus tahun sebelumnya, ungkap Dep. Keuangan pada hari Senin. Tapi pengeluaran pemerintah mencetak rekor sebesar $244.5 M, akibat meningkatnya pembayaran sebesar $600 dan $1,200 untuk tiap individu sebagai bagian dari program stimulus ekonomi yang sedang berjalan. Program ini akan menyalurkan $152 M ke tangan konsumen untuk mencegah jatuhnya konsumsi-pendorong utama ekonomi.

Persetujuan Pinjaman Rumah Australia Jatuh Hingga Level Terendah Dalam 3 Tahun
Persetujuan pimjaman rumah Australia jatuh di bulan Maret hingga level terendah dalam 3 tahun, menguatkan pandangan bank sentral bahwa biaya pinjaman tertinggi sejak 1996 sedang melambatkan ekonomi. Jumlah pinjaman yang disetujui bagi masyarakat yang hendak membeli atau membangun rumah (apartemen) jatuh 6.1% ke 59,371, terendah sejak Agustus 2005, ungkap Biro Statistik di Sydney kemarin. Sebagai tambahan bahwa ekonomi melambat yakni laporan kepercayaan bisnis yang juga turun hingga level terendah sejak September 2001.

PPI dan Neraca Dagang Inggris
Sektor manufaktur Inggris mengalami tekanan harga yang sangat tinggi, seperti ditunjukkan oleh input dan output PPI. Input PPI sebesar 2.4%, berada diatas ekspektasi 1.8%. Tapi, output PPI 1.4%, dibandingkan ekspektasi 0.6%. Tingkat inflasi yang dialami manufaktur mencapai 27% dari April tahun lalu. Sementara neraca dagang Inggris sedikit membaik dari Februari, ditunjukkan laporan kemarin, yakni sebesar -7.5 M pounds untuk bulan Maret, dibandingkan hasil bulan sebelumnya -7.6 bln pounds. Defisit ini merupakan yang terendah dari Inggris. Dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi, kini timbul pertanyaan yang meragukan kemampuan BoE untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat, sehingga mejadikan mata uang pound lebih menarik untuk diperdagangkan.

Turunnya Minyak, Kenaikan Sektor Teknologi
Bursa AS menguat pada hari Senin seiring turunnya minyak di bawah $125/barel dan reli sektor keuangan, termasuk penjamin obligasi MBIA Inc. Investor juga memborong saham teknologi bermodal besar, mendorong Nasdaq naik lebih dari 1%, atas harapan ekonomi AS mungkin tidak terlalu buruk. Bursa juga menguat kembali setelah Citigroup menaikkan target harga Wal-Mart Stores Inc, retailer terbesar di dunia. "Jika dolar terus melanjutkan relinya dan harga minyak turun, beberapa orang, termasuk saya, mengharapkan, akan berdampak positif terhadap pasar, tapi tak seorangpun yang berani bertaruh terlalu banyak," kata Hugh Johnson, pimpinan investasi di Johnson Illington Advisors di Albany, New York.

Nikkei Merangkak Tinggi, Didukung oleh Melemahnya Yen dan Minyak
Indeks Nikkei naik 0.6% ditutup positif untuk pertama kalinya dalam 3 hari pada hari Senin, didukung oleh melemahnya yen terhadap dolar yang mendorong penguatan saham eksportir dan kenaikan Nippon Oil Corp dan perusahaan yang berkaitan dengan minyak seiring tingginya harga. Tapi penguatan ini diikuti oleh penurunan pembuat mobil seperti Honda Motor Corp dan keuangan seperti Mitsubishi UFJ Financial Group. "Pasar sedikit bergerak akibat mata uang, dan ada sedikit yang memburu saham di harga murah, tapi kebanyakan investor menjaga posisi sebelum diumumkannya data GDP Jepang pada hari Jumat dan pendapatan perbankan pada akhir minggu ini," kata Tomomi Yamashita

No comments: